Jumat, 20 Januari 2012

Kaltim Jadi Tuan Rumah Sukan Borneo ke 4 Tahun 2011

Demikian harapan Gubernur Kaltim saat membuka pesta olahraga negara-negara Serumpun “Sukan Borneo IV dan Ferstival Jepen 2011”  di Stadion Madya Sempaja, Samarinda, Minggu (4/12).
“Selain silaturahmi kegiatan olahraga negara serumpun, hendaknya kegitan Sukan Borneo dan Festival Jepen Nusantara Internasional dapat menjadi sarana untuk peningkatan ekonomi dan kerjasama lainnya,” ujarnya.
Sukan Borneo yang diikuti oleh Negara Bagian Sabah, Sarawak dan Labuan, Malaysia serta Negara Brunei Darussalam. Selain itu juga diikuti oleh provinsi-provinsi di Kalimantan.
sukan borneo kaltimAwang Faroek mengharapkan kegiatan ini dapat juga berfungsi sebagai sarana peningkatan kerjasama, terutama pada provinsi Kalbar dan Kaltim yang berbatasan langsung dengan Malaysia.
“Di sisi lain, Sukan Borneo dan Festival Jepen ini juga memberikan manfaat yang sangat besar dan luas bagi peningkatan hubungan baik negara serumpun dalam lingkup Pulau Kalimantan menyangkut kebudayaan, sosial, ekonomi, pariwisata  atau pelancongan dan berbagai bidang pembangunan lainnya.
Sementara itu, Ketua Panitia Sukan Borneo IV, H Farid Wadjdy melaporkan bahwa kegitan ini diikuti oleh tiga negara bagian Malaysia, Negara Brunei Darussalam dan empat provinsi di Kaltimantan termasuk tuan tuan rumah Kaltim.
“Sukan Borneo akan mempertandingkan tiga belas Cabor termasuk dua cabor olahraga tradisional yaitu menyumpit dan gasing. Sebagian besar  kegiatan lomba dipusatkan di Stadion Madya Sempaja dan untuk Cabor Layar di Kabupaten Berau,” jelasnya.
Tiga belas Cabor tersebut, yakni atletik, biliar, anggar, bulutangkis, kempo, layar, pencak silat, sepak bola, Futsal, karate, tenis serta gasing dan menyumpit.
“Jumlah kontingen yang hadir dan bertanding yaitu Begara Bagian Sabah mengirimkan 46 orang, Sarawak 81 orang, Labuan 37 orang, Brunai Darussalam  71 orang, Kalbar 59 orang, Kalsel 109, Kalteng 101  orang dan tuan rumah Kaltim 303 orang,” ujarnya.
Pembukaan yang dilangsungkan dengan sederhana ini diawali dengan defile kontingen negara peserta dan diakhiri dengan penekanan sirine dan pelepasan ribuan balon ke udara. Selain itu para undangan, peserta dan penonton disuguhi Tarian Reog Ponorogo dan Tari  Kolosal Japin Nusantara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar